Saturday, June 22, 2013

Apakah Demo Membela Rakyat?

Tolak kenaikan BBM!

GUE agak sedikit bingung dengan demo. Menurut gue, demo itu tindakan unjuk rasa atau gerakan protes yang dilakukan orang-orang ditempat umum. Tapi, kenapa demo kemarin, demo saat kenaikan bbm kemarin sangat tidak berperikemanusiaan.

Katanya, demo itu membela rakyat... katanya, demo itu buat kemajuan rakyat. Mana buktinya? gue nggak melihat itu semua saat demo kenaikan bbm kemarin. 

Bayangin aja, demo kenaikan bbm kemarin itu kelewatan banget. Gue kemarin nonton salah satu berita di TV, Mahasiswa yang demo itu malah mukulin pengendara motor... gue bener-bener kesel banget, tapi gue tau, gue nggak bisa berbuat apa-apa. Kalau gue datengin mahasiswa itu dan berlagak seperti jagoan, yang ada gue bakal mati konyol.

Ada satu hal yang membuat gue nggak mau nyamperin mahasiswa tersebut dan berlagak seperti jagoan... kalau gue mati konyol, judul beritanya pasti absurd banget. 

"Berlagak seperti superman, pelajar ini tewas dipukuli mahasiswa."

Kembali lagi ke mahasiswa tadi. Melihat berita tersebut, gue langsung menyalakan komputer dan nyari-nyari berita lagi di internet tentang demo bbm kemarin. Sampai pada akhirnya gue menemukan video yang gue tonton di TV. 

Gue tau video ini dari situs liputan6.com, karena di situs itu link videonya gabisa dicopy, gue mencari di youtube dan akhirnya ketemu.

Nih buat yang belum tau, ini video aksi anarkis mahasiswa memukuli pengendara motor:



Tuh liat kan? kasian pengendara motor-nya.. padahal dia cuma nyalain klakson doang. 

Apakah ini yang dinamakan membela rakyat? apakah ini yang dinamakan demo kenaikan bbm? demo yang seharusnya dilakukan dengan cara yang positif. 

Nggak cuma itu aja, gue juga ngeliat berita bahwa di Daerah Jakarta itu ada pem-blokan jalan di deket Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Tentu saja demo itu membuat orang-orang yang membutuhkan pertolongan dari Rumah Sakit tersebut tidak dapat cepat tertolong. Karena, para mahasiswa mem-blok jalan menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Sebelumnya, polisi sempat memberikan pringatan terhadap para mahasiswa, bahwa banyak pasien yang membutuhkan pertolongan. Polisi meminta mahasiswa agar segera membuka jalan... namun permintaan tersebut tidak digubris oleh mahasiswa. 

 Huh.

Akhirnya, terjadilah kerusuhan disana. Mahasiswa sampai melemparkan bom molotov segala...

Pokoknya banyak deh tindakan-tindakan anarkis mahasiswa.. Demo-nya beda-beda di setiap daerah. Bahkan kalau nggak salah. di daerah Ternate, mahasiswa pada ngancurin ruko-ruko dan fasilitas umum.

Hmm, bener-bener anarkis tindakan mahasiswa ini. Gue sih cuma berharap aja, semoga kejadian seperti ini nggak kembali terulang. Demo sih boleh aja, asal demo-nya jangan merusak fasilitas ataupun memukuli pengendara motor. 

Kalo iya demo nya itu ngerusak fasilitas, dimana membela rakyat-nya, men? yang ada itu semua bakal merugikan masyarakat. Gue tau kok maksud mahasiswa itu baik, mereka mau demo biar bbm nggak naik, tapi apa nggak ada cara lain? cara yang nggak merugikan masyarakat...

Dengan kejadian-kejadian diatas, menurut gue, Demo tersebut sama sekali ga membela rakyat.

18 comments:

  1. Demo paling kampret tuh.. di Papua harga se-liter kadang bisa sampe 70rb aja nggak demo. Biasa aja. hadeh MahaSHITwa itu mah hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Demo kenaikan bbm kemaren demo paling kampret sedunia. :))

      Delete
  2. Bikin Demo malah ngerusak fasilitas masyarakat -__-
    Gue sebagai Mahasiswa jadi malu..

    http://www.mahdianto.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun gue bukan mahasiswa, tapi gue sebagai pelajar juga malu bro. Demo malah bikin masyarakat rugi.

      Delete
  3. demo itu kebanyakan ulah opnum fanatik di balik layar doang. memanfaatkan keadaan,..

    salam kenal ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro setuju banget! :D

      Salam kenal juga :)

      Delete
  4. MAHAsiswa yang gituan gk patut dicontoh. MAHAsiswa semestinya bertindak lebih luhur ketimbang preman2 pasar karena ilmunya sudah pasti lebih luas daripada anak-anak sekolahan.... :D
    follow : http://wilyhikaru22.blogspot.com/

    ^Thanks

    ReplyDelete
  5. Sebenernya demo tuh nggak ada gunanya. Kebijakan yang udah dibuat hampir nggak pernah diubah cuma karena didemo. Dan demo itu ujung-ujungnya emang banyak ngerusak fasilitas umum dan menimbulkan korban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget.. jadi buat apa demo-demo menghancurkan fasilitas masyarakat. Toh, kemungkinan pemerintah buat ngerubah keputusannya kecil :D

      Delete
  6. itu adalah mahasiswa yang sering bolos kali, yg IP-nya gak nyampe 2,00 dan udah 8 tahun gak lulus....
    hahhaaaa....
    setau saya mahasiswa itu lebih cerdas, semakin cerdas mereka semakin menjadi manusia yg sesungguhnya jd menurut saya mereka adalah pendemo yg mengatasnmakan mahasiswa dengan dalih membela rakyat (untung gak atas nama Tuhan ya....)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu gue juga gitu. Ya, mungkin aja emosi menutupi akal mereka bro :))

      Delete
  7. Replies
    1. Haha, bisa juga MahaSHITwa bro :D <-- Kata Kevin

      Delete
  8. tanpa pergerakan mahasiswa mungkin sekarang masih jaman orde baru bukan reformasi , tanpa pergerakan mahasiswa jaman dulu mungkin kita masih di jajah ..
    kalo kita cuman diam, yang di sana makin menggila..

    soal anarkis, terkadang butuh hal ekstrem agar di dengar sama penguasa ..
    sorry gue ngomentar dari sudut pandang yang berbeda .

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Setiap orang punya hak buat komentar menurut sudut pandangnya. Salam kenal juga :)

      Delete
  9. Kalo saya pikir - pikir demo kenaikan BBM itu benar - benar SALAH. Waktu kenaikan BBM sebelum kenaikan BBM 6500, Waktu itu pemerintah ingin menaikan jadi 5500 tapi didemo hanya menaikan 1000 dari premium yang sebelumnya. Andaikan mereka tidak menggubris pemerintah mungkin skrang harga Premium 5500. Dan alhasil tahun sekarang jadi 6500 . Sekarang siapa yang salah? sekarang siapa yang Merasakan semua ini? semuanya gara - gara.... ? Jawab dalam hati aja ..

    ReplyDelete