Sunday, June 16, 2013

Dilema Menjadi Ketua Kelas

 Muehehe.

Hoi! Lagi pada ngapain?

Eh iya, sebelumnya, Happy Sunday ya buat kamu yang lagi siap-siap mau jalan sama pacarnya. Dan (maaf), buat jomblo-jomblo yang masih menyembunyikan diri... tenang. Diluar, AMAN! (´⌣`ʃƪ)

Ngomongin soal ketua kelas, ketua kelas pasti jadi hal yang paling diinginkan bagi sebagian besar pelajar. Tapi, mereka ga berpikir jauh... mereka ga berpikir bagaimana masa depan seorang ketua kelas. 

Contohnya gue. Waktu kelas satu SMP, gue sangat menginginkan buat menjadi ketua kelas, dan ternyata gue berhasil. Pertama kali masuk kelas satu, tentunya setelah masa MOPD selesai, wali kelas gue langsung mengadakan pemilihan ketua kelas. Gue, dengan semangatnya, langsung mencalonkan.

Pemilihan diadakan dengan cara pemungutan suara dari setiap siswa-siswi. Suasana cukup tegang saat kertas suara terakhir dibuka... nilai suara gue dan satu temen gue sama. Dan akhirnya... gue pun jadi ketua kelas. Perasaan gue amat sangat senang pada saat itu.

Namun, setelah beberapa minggu menjabat, gue mulai menemukan masalah demi masalah yang didapat seorang ketua kelas. 

Gue jadi lebih sering dipanggil ke kantor...

Gue pasti selalu jadi petugas upacara... Awalnya gue sering banget nolak, tapi temen-temen gue langsung pada bilang kalau gue seorang ketua kelas, dan wajib jadi petugas upacara. Sial. Gue nggakbisa ngelak.

Enam bulan kemudian, akhirnya gue mengundurkan diri dari ketua kelas. Dengan alasan, gue udah nggak kuat lagi capek.

------------------------------

Ternyata nasib memang nasib, nasib tidak bisa ditebak, dan yang pasti, nasib bukanlah hansib. Gue kembali menjadi ketua kelas di kelas dua. Yah, semua itu gue terima dengan lapang dada.

Aku takut.

GUE, adalah seorang yang pemalu, gue nggak pernah berani maju ke depan papan tulis buat ngerjain soal yang disuruh guru gue. Ada beberapa guru yang nggak gue tau kenapa, di setiap pelajarannya, dia selalu nunjuk gue buat ngerjain soal. I hate that teacher!

Tapi, dengan modal tampang melas dan baju yang kotor seperti gembel, gue pun berhasil menyentuh hati guru tersebut.

"Nggak bisa bu" kata gue sambil menggelengkan kepala.

Dan, tak lama kemudian, guru itu menoleh dan mencari teman gue yang lain.

Ada cerita aneh yang gue alamin sebagai seorang ketua kelas. Entah pengalaman ini hanya di sekolah, atau bahkan dikelas gue aja, tapi ini bener kejadian.

Pada suatu pagi, gue datang ke sekolah. Gue melihat kelas gue yang sangat gelap, ternyata... pada pagi itu lampu kelas gue belum dinyalain.

Gue cek kedalem kelas, ada banyak teman-teman gue sedang membersihkan kelas yang cukup kotor. Gue pun ikut membantu. Tak lama kemudian, gue mencium bau yang tidak sedap dan gue langsung nanya ke temen satu kelas gue, Fikri.

"Lo nyium bau ngga?" tanya gue.

"Iya, itu bau tai kucing dipojok sana" kata Fikri sambil menunjuk kearah pojok kelas.

Tak lama kemudian, temen sekelas gue dateng, namanya Gina. Terjadi percakapan singkat diantara kami berdua yang menimbulkan pertanyaan aneh dibenak gue.

"Giar, bersihin tai kucing noh!" kata Gina.

"Kok gue? yang piket suruh bersihin" kata gue.

"Yang piket gamau"

"Ya gue juga gamau!" gue kesel.

"Lo kan ketua kelas"

*hening*

Timbul-lah satu pertanyaan aneh dibenak gue. Sejak kapan, seorang ketua kelas tugasnya bersihin TAI KUCING? SEJAK KAPAN?

Sebagai ketua kelas, gue merasa gagal.

Gue berpikir... kalau tugas seorang ketua kelas adalah membersihkan tai kucing, gue yakin nggak akan ada orang yang mau jadi ketua kelas. Yap, gue yakin betul!

------------------------------

Oke, kita beralih ke judul dari postingan gue ini. "Dilema Menjadi Ketua Kelas".

 Dilema, bukan delima.

Ada satu kejadian pada kelas dua smp, dimana gue masih menjadi ketua kelas. Pada saat itu pukul 08.30, dimana saatnya pergantian jam pelajaran. Sepuluh menit berlalu, dan guru yang seharusnya mengajar pun tak kunjung datang.

Gue ingin memanggil guru, namun beberapa teman gue tidak mengizinkan, bahkan mengancam gue.

Disinilah dilema-nya...

Jadi ketua kelas itu nggak enak. Banget. Disaat-saat seperti itu, dimana saat kita ingin memanggil guru, namun teman kita nggak nge-bolehin, kita punya dua masalah.

Satu
Kalau pada saat itu gue nggak manggil guru, mungkin bisa aja ada guru lain yang dateng ke kelas gue dan ngeliat nggak ada guru. Dia langsung ngomelin gue abis-abisan... karena gue nggak manggil guru.

Dua
Kalau pada saat itu gue manggil guru, dan ternyata gurunya ada, masuk kelas, ngajar selama dua jam. Pas jam istirahat, gue mungkin udah bonyok digebukin sama temen-temen gue.

Gue nggak tau pasti, pengalaman gue itu terjadi juga atau nggak disekolah lain, tapi yang gue tau, itu bener-bener terjadi disekolah, dikelas gue.

45 comments:

  1. ksian amat si ketua kelas. ya berarti si ketua kelas harus tegas. tegas bukan galak, tegas bukan arogan. tapi tegas waktu meluruskan peraturan. susah? bisa, pasti bisa. berproses, pasti bisa. buktinya bisa dipilih jadi ketua kelas.
    semangaaaat..! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah yang gabisa gue lakuin, Tegas.. Entah kenapa gue selalu jadi ketua kelas :(

      Delete
  2. kok kisahnya menyedihkan kayak ane ya sob. Ane sampai sekarang malahan masih menjadi ketua kelas. Padahal sudah lulus sekolah 5 tahun yang lalu.

    Ane diangkat menjadi ketua kelas seumur hidup. Jadi selama tiga tahun di sekolah ane dijadikan ketua kelas. Sering banget mendapat omelan dan dipanggil ke kantor. Senasib kita sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha nasib kita sama bro.. gue juga ga pengen jadi ketua kelas, tapi takdir menjadikan gue sebagai ketua kelas dua tahun terakhir ini..

      Delete
  3. Ibarat pepatah, berakit2 ke hulu, berenang2 ke tepian

    Sekarang merasakan susahnya, tapi ntar kalau udah gedhe merasakan manfaatkan dalam ber organisasi. Tetap dan terus semangat \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk bener banget bro, hehe. Semangat!

      Delete
  4. Bingungnya lagi kalo guru suruh kita nyatet temen yg berisik ata ngelakuin pelanggaran apapun itu
    kita gak enak ke temen tp takut juga sama guru haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang banyak banget bro dilema menjadi ketua kelas.. ga cuma yang gue tulis diatas aja :D

      Delete
  5. Sedih bacanya (garuk2 tanah sambil guling2an di sampahan)...

    http://litarachman.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Waduh... lo harus sangar dikit lah. 3 Tahun gue jadi ketua kelas pas SMA, 3 tahun itu juga kelas gue jajah. Muahaha... Kita sama-sama pernah jadi ketua kelas, tapi kayaknya sikon berbanding terbalik deh. Gue malah suka-suka dan temen-temen yg lain nggak pernah maksa ini-itu. Hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. itu dia yang gue gabisa. :( gue orangnya gaenak-an.. jadi gabisa tegas :(

      Delete
  7. Yakin deh...ini gue banget! Hahahahaha :D

    ReplyDelete
  8. Pengalaman gue waktu SD gan -_-

    Eh, jangan lupa main ke Diary internet (Blog) gue ya...
    Catatan pelajar absurd ( www.alfaridziilham7.blogspot.com ) :D

    ReplyDelete
  9. wah saya belum pernah pengalaman jadi ketua kelas nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah siapapun lo, mudah-mudahan nanti lo bisa jadi ketua kelas ya. Haha. x))

      Delete
  10. iya, sama banget dengan saya, tapi sebenarnya jdi ketua kelas ngajarin kita buat lebih bertanggung jawab, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia sob yang belum gue temuin dari diri gue. Rasa tanggung jawab. Gue emang belum siap buat jadi ketua kelas :D

      Delete
  11. Ternyata ada yg senasib. Seenggaknya lu harus bersyukur, temen-temen cowok lu gak main kuda tubruk sampe guru piket ngancem ngasih lu a.k.a si Ketua Kelas point 36. Dzig.

    Apa lagi yg lebih gak adil coba dari itu?

    Awalnya pas jadi ketua kelas di kelas 8, gw juga sungkan banget negur temen. Anything for you, deh, friends. Diomelin guru jadi cemilan, asal jangan didemo turun dari jabatan. Ngebayanginnya aja udah ngeri.

    Tapi setelah 2 tahun mengarungi pahit-manis ketua kelas, sekarang --di kelas 10-- gw lebih siap. Gw udah belajar gimana bikin teman-teman menuruti perintah gw, yaitu menyuruh mereka dengan mengurangi kesan memperbudak. Belajarlah, Nak.

    Sorry jadi kebanyakan, padahal cuma kolom comment :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi setuju banget :D Temen-temen gue juga sering main Kuda apalah itu.. dan itu cukup membuat gue risih. :D

      Gue suka komentar yang panjang gini :)

      Delete
  12. Judulnya udah kayak lagu :3
    btw blog lu mirip kek si coconggg ya lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu apaan, ya? :D

      Hehe bisa dibilang begitu, sih..

      Delete
    2. Ya lagu itu tuh yg uweeek *maap kalo lu suka lol*
      bagus, bagus asal jngan menzzzomblo atau jdi playboy tertunda aja lol

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. iya bener tuh,.. jadi pembantu kelas mungkin?

    ReplyDelete
  15. hahahah.... lu cara mundurnya gimana sihh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerakan kaki perlahan ke belakang, tarik napas, lalu buang.. Udah.

      Delete
  16. True banget nih😒 paling sakit itu ketika gue ngumumin pengumuman dari guru dan mereka nggak ada yang dengerin, serasa nggak ada harga gue jadi ketua kelas tau nggak😑

    ReplyDelete
  17. Gw juga gitu sob, kelas 8 dulu dipaksa jadi ketua padahal udh nolak tapi gabisa, akhirnya gw paksa lah selama setahun, udh bahagia pas kelas 9 biar ganti ketua eh ternyata enggk malah disuruh ngelanjutin kayak yang dulu gw gk niat sama sekali dan jadinya hati gw gk tenang dan jadi males rasanya dateng ke sekolah karna udh ngerasain gw pahitnya jadi ketua kelas, gw minta saran ni apa yg harus gw lakuin

    ReplyDelete
  18. Cara mengundurkan diri menjadi ketua kelas gimana bro kasih sarannya

    ReplyDelete
  19. Cara mengundurkan diri yang baik gimana bang?

    ReplyDelete
  20. Lah ane punya pengalaman,jadi ini pengalaman waktu kelas 2 smp waktu itu ane jadi ketua kelas,pada jam kedua ane lupa buat ambil tugas guru dan ane juga gk inget,jadi ni ane malah ngegabut dikelas,tapi kenapa ane melakukan itu karena soalnya guru yg ngajar tugas itu sering gk ngasih tugas dan juga sering gk masuk kelas,jadi ane males kan,tapi ternyata pada saat waktu tinggal 1 jam lagi sebelum pulang,guru yg ngajar itu marah marah karena kenapa gk ada yg ngambil tugas,ya disitu saya pusing dan kepikiran terus soalnya ini salah saya juga,dan rasanya saya pengen ngundurin diri jadi ketua kelas cuman ya gimna di kelas ane juga anak anaknya susah semua buat jadi ketua kelas,mungkin ada cuman mereka ikut osis semua,yaudahlah :V

    ReplyDelete
  21. http://giar26.blogspot.com/2013/06/dilema-menjadi-ketua-kelas.html?m=1

    ReplyDelete
  22. Sama sepertii aku cuman bedanya aku jadi wakil ketua kelas,gak enak nya itu karena jadi wakil sering dipojokin sering dikata2in gak guna, padahal tugas wakil menggantikan tugas ketua kelas, dan yang parahnya lagi kalau misal ketua kelasnya butuh bantuan atau minta temanin, gak pernah speak up ke aku melainkan sama teman crycle nya, dan aku jadi wakil ketua kelas bukan melalui voting tapi guru yang milih langsung, Rasanya berat apalagi dengan keadaan teman sekelas yang susah diatur aku merasa seperti wakil tapi salah kelas aja, ini aku alami kelas 1 sma dan blm pny pengalaman sbgai seorng wakil dan aku orangnya pemalu dan introvert rasanya seperti pengen ngunduri diri

    ReplyDelete