Friday, July 12, 2013

Indahnya Ngabuburit


Ngomongin soal ngabuburit, pasti udah pada tau dong ngabuburit itu apa?

Oke, bagi yang belum tau, nih gue kasih tau arti ngabuburit menurut Wiki Indonesia.

Jadi, "Ngabuburit" merupakan istilah yang berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Ngabuburit yang biasa disebut-sebut pada Bulan Ramadhan ini adalah menunggu waktu maghrib atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, ringkasnya menunggu saat berbuka puasa.

Itu kan menurut Wiki Indonesia. Kalo menurut gue sendiri Ngabuburit itu menunggu saat berbuka puasa dengan melakukan hal-hal yang kita sukai atau senangi. Tujuannya cuma satu: bisa mempercepat waktu buka puasa. Tapi, jangan pacaran juga ya! Nanti batal puasanya. :D

Kalo gue sendiri, gue sih emang jarang ngabuburit keluar-keluar rumah, jalan-jalan keliling komplek. Tapi, bukan berarti gue nggak ngabuburit, ya! Gue punya cara tersendiri buat ngabuburit.

Paling, sambil nunggu waktu berbuka puasa, gue main komputer... browsing-browsing informasi, main game, dan... NgaBLOGburit. NgaBLOGburit ya yang lagi gue lakuin sekarang, ngabuburit dengan cara menulis postingan blog.

Kadang, gue juga suka main futsal.

Sumber foto: http://inagurasi.com

Walaupun bulan puasa, dan gue puasa juga tentunya. Gue tetap menjalankan aktivitas gue bermain futsal. For me, Futsal it's my life.

Tiada hari tanpa futsal. Hampir setiap sore hari gue main futsal bareng temen-temen. Capek sih iya, tapi semua terbayarkan ketika bedug maghrib terdengar.

Entah kenapa minum es disaat capek dan lemes banget, pasti membuat stamina kita seakan-akan full lagi dan kembali jadi seger. Itu salah satu tujuan gue bermain futsal saat ngabuburit. Sekalian olahraga juga, sih sebenernya.

Tapi... apa ngabuburit itu penting? 

Pertanyaan yang bagus. Lah ini yang nanya gue, yang jawab juga gue. Gapapa, yang penting ganteng.

Menurut gue, ngabuburit itu penting, bro. Penting banget malah. Coba kalo kita ngabuburit, sore-sore keluar rumah, ngeliat pemandangan di sore hari yang indah. Pas lagi asyik-asyik liat pemandangan, eh tau-tau udah maghrib aja.

Yap, ngabuburit itu menurut gue bisa mempercepat waktu berbuka.

Coba kalo kita nggak ngabuburit, misalnya diem aja duduk dirumah. Jarum panjang jam 5 ke 6 akan terasa sangat lama. Yang ada, kita bakalan boring nungguin maghrib tiba.

So, mulailah dari sekarang ngabuburit, agar bulan Ramadhan ini menjadi lebih cepat. Muahaha :p

Berkah Ngabuburit Bulan Ramadhan


Ngabuburit juga bisa membawa berkah tersendiri loh. Khususnya buat para pedagang makanan khas buat berbuka puasa, seperti: Kolak, Es Buah, Gorengan, dan lain sebagainya.

Kenapa bisa membawa berkah? 

Karena, orang yang ngabuburit keluar rumah, biasanya itu memiliki misi 'khusus' selain hanya ngabuburit aja. Biasanya sekalian ngabuburit, mereka beli makanan buat berbuka puasa. Nah, itu dia yang membawa berkah untuk para pedagang makanan dan minuman.

Dan juga, orang yang ngabuburit cenderung ke tempat-tempat yang ramai pengunjung. Biasanya, di tempat ramai pengunjung juga dimanfaatin pedagang buat jualan. Pedagang makanan dan minuman akan mendapatkan rezeki dari hasil penjualan makanannya.

Nah, itulah kenapa ngabuburit bisa gue bilang membawa berkah. :))

Eits, tapi ngabuburit bukan cuma sekedar ngabisin waktu doang ya. Ngabuburit juga bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat, contohnya, baca Al-Qur'an, Ngaji, silaturahmi sama temen-temen/tetangga.

Nah kan kalo udah begitu, bisa dapet pahala, dan juga bisa mempercepat waktu. Indahnya ngabuburit yah. :))

Sumber foto: http://google.com | Edited by: @giar26

Tips Ngabuburit

Nah, sekarang gue mau memberi sedikit tips ngabuburit. Tips ini sih menurut gue sendiri, ya... jadi gue minta maaf kalo ada kesalahan-kesalahan.

Pertama: Ngabuburit gue saranin agar keluar rumah, ketempat yang ramai/banyak orang biar nantinya juga jadi seru. Biasanya sih, yang bagus itu ke Taman :)

Kedua: Partner ngabuburit. Dalam memilih partner ngabuburit, kita harus memilih orang yang ramah dan bisa diajak ngobrol. Tujuannya sih supaya saat kita lagi jalan-jalan, nggak garing.

CAUTION: Dilarang mengajak pacar.

Ketiga: Terakhir, bawalah uang secukupnya. Ya kali aja pas ditempat tujuan ada orang jualan makanan, kalo waktunya udah berbuka, jadi kan bisa langsung beli makanan. Hehe.

Gimana? Indah kan ngabuburit? Hehe. Yaudah, abis baca postingan ini, kamu ngabuburit ya!

Mungkin segitu aja postingan gue kali ini tentang ngabuburit. Selamat sore, selamat ngabuburit!

8 comments:

  1. Pokoknya kalau ngabuburitnya menyenangkan, menunggu brbuka jadi ndak terasa

    ReplyDelete
  2. Ngasih rezeki yah pada sesama :)

    kalo gue ngebuburit paling baca buku... sambil minum kopi.

    ReplyDelete
  3. gue ngabuburitnya di dalam kamar aja, tidur :p

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga sih.. ya emang kan tidur di bulan Ramadhan itu ibadah :D

      Delete
  4. ngabuburit intinya wajib bawa duit, kalo ga bawa duit yang ada pusing. happy fasting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kalo nggak bawa duit jadi bingung sendiri kalo udah jam nya buka puasa x))

      Delete