Wednesday, November 27, 2013

Selagi Kamu Bisa Menolong, Mengapa Tidak?

Tolong menolong. (Sumber)

19.00 WIB, 26 November, 2013.
Malam itu, gue lagi asik main game di komputer.

Gue sama sekali nggak menghiraukan kejadian yang terjadi di sekeliling gue. Yang gue tau, gue lagi main game, dan gue harus menang dalam game yang gue mainkan. Jadi, pandangan gue fokus mengarah ke komputer.

Saat sedang serius main game, nyokap dateng dari luar rumah. Membuka pintu perlahan. Iya, nyokap abis dari depan rumah, gue juga nggak tau, ngapain malem-malem di depan rumah.

Tanpa memikirkan kedatangan nyokap, gue lanjut main game. 

Kebetulan malam itu gue lagi main FIFA 14 di komputer. Itu game sepakbola gitu. Saat itu pas banget lagi half-time, atau pergantian dari babak 1 ke babak 2.

Gue iseng berbalik ke arah nyokap, kayaknya lagi seru cerita sama kakak dan bokap gue. Gue penasaran..

Nyokap cerita sambil meneteskan airmata. Gue semakin penasaran, gue meninggalkan komputer dan nyamperin ikut mendengar cerita nyokap.

Ternyata, tadi nyokap lagi nyari angin di luar rumah. Tiba-tiba ada seorang perempuan nyamperin nyokap, bisa dibilang masih muda. Dia dateng bersama kedua anaknya, sekitar umur 5 tahunan lah. Masih kecil-kecil. Dua-duanya anak laki-laki.

Kata nyokap, perempuan itu nawarin beberapa baju ke nyokap. Perempuan itu keliatan sangat lelah. Mungkin karena udah seharian muter-muter nawarin baju. Nyokap yang pada saat itu lagi nggak megang uang, terus terang dengan bilang kalau nyokap nggak punya uang. Ada uang, paling untuk belanja aja. Nggak mungkin cukup buat beli baju, dan nyokap juga sebenernya ga butuh baju baru.

Padahal, melihat perempuan itu bersama kedua anaknya, hati nyokap tersentuh. Pengen banget nolongin, yah, kalau nggak bisa beli bajunya, minimal bisa ngasih uang ke anak-anaknya.

Sebelum perempuan itu pergi buat nyari pembeli lain, nyokap sempet minta maaf, "Maaf ya neng, saya nggak bisa beli bajunya. Habisnya, saya nggak punya uang." Nyokap tampak menyesal. Dan perempuan tadi bilang, "Gak apa-apa bu, gausah dipikirin. Hehe. Yaudah, saya pergi dulu ya bu."

Perempuan itu pun pergi meninggalkan nyokap. Entah kemana, nyokap juga nggak tau. Nah setelah itu, barulah nyokap masuk ke rumah dan menceritakan semua itu sambil meneteskan sedikit airmata. 

Kakak gue yang cewek, yang kebetulan mendengar cerita nyokap langsung tersentuh juga hatinya, dan pengen nolongin perempuan tadi. Gue bener-bener kasihan sama perempuan itu.

Nggak abis pikir. Perempuan, malem-malem, jalan keliling-keliling buat ngejual baju. Apalagi sama anak-anaknya. Di mana peran suaminya? :')

Sad.

Baru ngedenger nyokap cerita aja, gue udah ikutan sedih dan merasa kasihan. Gimana kalau gue ada di posisi nyokap tadi?

Kakak gue yang cewek masuk ke kamar sebentar buat ngambil sedikit uang dari dompetnya. Rencananya, bokap yang bakal ngejar perempuan tadi dan ngasih sedikit uang untuk kedua anaknya. Ibaratnya, untuk jajan kedua anaknya.

Sebelum bokap pergi, gue membuka lemari gue, mengambil dompet dan mengeluarkan selembar uang. Walaupun nggak seberapa, mudah-mudahan bisa buat nolongin perempuan tadi.

Bokap pun pergi untuk mencari perempuan tadi bersama salah satu keponakan gue. Gue masih duduk dan melupakan game yang sedang gue mainkan pada awalnya. Gue masih nunggu bokap dateng dan ngasih kabar.

Harapan gue saat itu, bokap ketemu sama perempuan tadi, dan berhasil ngasih uang jajan untuk kedua anaknya...

Dan nggak lama setelah bokap pergi, bokap balik lagi.

Gue kira, bokap nggak nemuin perempuan tadi dan balik lagi ke rumah. Tapi, gue bersyukur pemikiran gue salah.

Ternyata, perempuan serta kedua anak laki-lakinya itu belum jauh dari rumah gue. Masih nawarin baju di sekitar perkomplekan rumah gue.

Kata bokap, pas bokap ngasih uang, perempuan itu heran dan nggak mau. Tapi setelah sedikit dipaksa, "Buat jajan anaknya" perempuan itu akhirnya menerima dan mengucapkan banyak-banyak terima kasih sama bokap.

Perasaan gue? Lega. :))

Begitupun dengan semua anggota keluarga yang pada malam itu mendengar nyokap bercerita, mereka mengaku lega. Kejadian yang nggak bakal gue lupain seumur hidup. 

Di sini gue bukan mau maksud sombong, atau apa. Gue cuma mau berbagi cerita, berbagi pengalaman, apa yang gue alamin yang menurut gue perlu dibagikan. Semoga pengalaman gue ini bisa menginspirasi kalian untuk selalu berbuat baik, atau untuk selalu menolong mereka yang membutuhkan pertolongan. Selagi kamu bisa menolong, mengapa tidak? :))

14 comments:

  1. inspiratif bro. apalagi di dunia ini kayaknya udah jarang yang ngelakuin hal kayak keluarga lo. boro-boro dikasi duit, yang ada malah diusir. semoga jadi pelajaran untuk kita semua

    kalau berkenan, main ke blogku juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, amin. Thanks ya. :))

      Oke, pasti gue mampir ke blog lo. :D

      Delete
  2. nah, yuk hidup memang untuk saling tolong menolong :) hehehe.
    eh salam jambaners yaaa. udah aku follow blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya bener, kak. Yoi, salam Jambaners! thanks, kak! :))

      Delete
  3. Hidup akan membawa berkah jika keberadaan kita bermanfaat untuk orang lain dan saling tolong menolong ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, setuju! :)) Makasih ya udah mau mampir. ^^

      Delete
  4. Bagus ar. Tumben lu baik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha thanks, Gi. Emang gue baik.. *benerin kerah*

      Delete
  5. Syukur nyokap km ngasih buat jajan ,,,Sempat nolak (yaiyalah jual mahal dulu ,sapa tau di kasih lebih ,*berharap hehe)
    fOLLBACKNYA SUKSES...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, tapi ada kok orang yang nolak karena bener-bener nggak enak. :))

      Delete
  6. Waah bener, sebenarnya ladang amal itu dimana-mana, tapi kitanya peka nggak..
    Nice posting! Salam kenal ya. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget tuh, setuju gue. :))

      Thanks, salam kenal. :D

      Delete
  7. keren banget, kita emang harus saling tolong menolong :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener. Sebagai manusia, kenal/nggak kenal, sebenernya kita punya kewajiban buat menolong. :)

      Delete