Saturday, December 14, 2013

Kelas, Bukan Sekedar Tempat Untuk Belajar

Ilustrasi kelas. (Sumber)

Kelas.. kalau ngomongin soal kelas, mungkin hal-hal yang terlintas dipikiran orang normal pertama kali itu: Tempat belajar, adanya di sekolah, ada meja dan kursinya, dan lain sebagainya.

Beda lagi kalau buat anak-anak yang.. yah, bisa dibilang A*ay (Maaf ada sensor sedikit.), baru sebentar ngeliat kata "Kelas", tapi udah berasumsi kalo itu kata "Keleeuuss", atau dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, berarti "Kali". I hate that.

Ngomong "Kali" aja sampe diganti-ganti jadi "Keleus". Kan ngomong dengan kata aslinya juga lebih mudah dan nggak ribet. Jadi, biasa aja Keleeeuuuss!

Menurut gue pribadi,  kelas itu bukan sekedar tempat buat belajar. Kelas juga tempat buat mengenal teman-teman baru, belajar bersama, ngerjain PR di sekolah bareng-bareng, bahkan, waktu gue kelas satu SD, kelas juga jadi tempat gue buang air besar. Waktu itu udah kebelet soalnya. 

Banyak fungsinya ya..

Naik kelas nggak ya.. 

Setiap tahunnya di sekolah, kita pasti bakal naik kelas, selalu ada tingkatan kelas di setiap sekolah di dunia.

Naik kelas itu ada seneng dan ada sedihnya juga.

Kayak misalnya, senengnya itu ya kita bisa naik kelas. Udah naik tingkatan, udah lebih dewasa, dan mungkin bisa ngebahagiain kedua orangtua kita juga. Apalagi kalau nilai-nya bagus-bagus.

Sedihnya?

Ya kalau udah terlalu akrab dengan teman-teman di kelas sebelumnya.

Pasti pernah, dong, masuk ke kelas yang anak-anaknya seru dan nyambung banget buat diajak ngobrol, anak-anaknya kompak semua, solid, kreatif, pokoknya kelas yang TOP banget deh. Tapi tiba-tiba, udah harus pindah ke kelas yang baru. Dan anak-anaknya nggak mungkin sama. Suasana kelasnya juga pasti bakalan beda.

Itu rasanya kayak gimana ya..

Mungkin kayak: disaat kita udah menemukan kebahagiaan yang selama ini kita cari-cari, tiba-tiba kebahagiaan itu hilang begitu saja, menjadi sebuah kenangan yang nggak bisa terlupakan.

But, the life must go on...

Kita nggak bisa terus-terusan sedih karena nggak sekelas sama temen-temen yang udah bener-bener deket sama kita. Di kelas yang baru, kita harus nyoba buat nyesuain diri juga.

Kenalan sama temen-temen, nyoba bikin obrolan biar 'nyambung', becanda-becanda bareng. Dengan semua itu, lama-lama kita juga bakal terbiasa dengan suasana kelas yang baru.

Kan nggak bisa selamanya sedih karena hal itu, masa iya mau terus-terusan sedih. Terus apa gunanya naik kelas kalau buat sedih-sedihan doang? mendingan berhenti sekolah kalau gitu caranya.

Seperti kata gue di awal postingan tadi, "Kelas itu bukan sekedar tempat buat belajar".

Disetiap kelas yang gue gentayangi  tempati, selalu ada ceritanya masing-masing.

Punya temen yang agak sedikit aneh tapi lucu, punya temen yang kalau cerita nggak bisa diberhentiin, punya temen yang selalu curhat saat jam pelajaran berlangsung, dan masih banyak lagi. Semua itu begitu membekas di otak gue.

Selain temen-temennya, di kelas juga akan selalu ada meja dan kursi. Dan disetiap coretan tipe-x di meja, itu punya cerita juga.

Ada yang nyoret-nyoret meja nulis nama pacarnya, ada yang nulis nama gebetannya, ada yang sambil nangis nulis nama mantan pacarnya, ada juga yang nulis nama pembantunya. Entah.. gue juga bingung.

Gue pernah, masuk ke kelas yang anak-anaknya rata-rata bandel dan gue belum kenal. Awalnya gue nggak respect sama mereka, gue kecewa bisa masuk ke kelas itu.

Tapi saat udah mengenal mereka, orangnya ternyata asik-asik dan seru. Justru mereka-mereka yang suka membuat tawa disaat suasana kelas lagi garing. Justru mereka lah yang selalu bikin kelas jadi rame.

Solid nih namanya..

Punya kelas yang solid itu enak banget. Beneran, gue nggak boong. 

Apa-apa selalu kompak, nggak ada satupun anak yang egois dan mentingin dirinya sendiri. Setiap ada masalah, nggak akan malu buat cerita, selalu terbuka, itu yang bikin enaknya punya kelas yang solid.

Di kelas yang solid mah, PR susah nggak jadi masalah. 

Saat ada PR yang gurunya killer banget, pasti pada janjian dateng pagi buat ngerjain PR bareng-bareng di sekolah. Kalau ada temen yang pinter di kelas, nyontek rame-rame. Selesai sudah PR-nya. 

Kalau ada tugas yang sama sekali nggak ngerti juga gampang. Tinggal janjian aja satu kelas buat nggak ngerjain, dan saat udah deadline-nya buat ngumpulin, bilang sama gurunya kalau nggak ngerti. Beres! 

Paling-paling gurunya ngasih toleransi. Kalau dihukum, ya rame-rame. X))

Kalau lagi ulangan, tinggal kerjasama sama yang udah pada belajar. Beres juga! :{p

Kelas-kelas yang begitulah yang bikin kita jadi semangat buat sekolah setiap harinya. 

***

Itu sih, kelas menurut pendapat dan pengalaman gue sendiri. Ya itu tadi, kelas buat gue itu: bukan sekedar tempat untuk belajar, tapi kelas juga jadi moodbooster tersendiri buat selalu masuk sekolah. 

Setiap kelas juga pasti ada kenangannya. Dan jangan pernah lupain kenangan itu. Gue yakin, suatu saat, kamu pasti bakal kangen saat-saat itu dan berusaha buat mengingatnya lagi. 

Kalau kamu punya cerita unik atau yang nggak bisa dilupain di kelas kamu, tulis di kolom komentar dong! \(´▽`)/

19 comments:

  1. lumayan gan,.,bisa menghibur di malem minggu ini

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm pernah. :|

      Yoi setuju.. cie-cie-in orang pacaran juga seru tuh. :D

      Delete
  3. Hahaha banyak banget yang seru-seru di kelas. Nyontek bareng2, pernah juga dihukum satu kelas gara-gara ketahuan baru ngerjain tugas di sekolah (emang gurunya aga serem), wah pokoknya memorable banget dah. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget tuh. Kadang justru saat-saat kayak gitu yang dikangenin. :D

      Delete
  4. yap benar banget gan,harus solid (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Kelas yang solid pasti nambah mood buat sekolah. :D

      Delete
  5. yang paling seru itu saat sekelas kompak gak ngerjain tugas dan dihukum rame2 lari keliling lapangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener tuh. Serius. Gue dan juga pernah soalnya. :))

      Gara-gara nggak ngerjain tugas satu kelas. Tapi anehnya yang dihukum cowok doang. :|

      Delete
  6. anak kelas gua dirty mind semua... nice post :v

    ReplyDelete
  7. kelas emang menyimpan banyak kenangan
    But, the life must go on... (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener. Suatu saat nanti kalau udah ninggalin kelas, pasti bakal kangen sama kenangan2 di kelas. :D

      Btw, thanks udah mampir. :))

      Delete
  8. jadi rindu lama gak menghapus papan tulis kapur berdebu putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. coba ajak temen-temen kumpul lagi, dijamin bakal menghapus kerinduan itu. :))

      Delete
  9. jdi inget jaman SD dulu,nyontek aja berjamaah hehe..
    kunjungi bali juga ya :)

    ReplyDelete
  10. kunjungi balik maksudnya haha..

    ReplyDelete