Thursday, September 6, 2018

Rindu Masa Kecil


Entah kenapa akhir-akhir ini gue suka inget memori-memori masa kecil gue. 

Sesungguhnya, saat gue kecil dulu, gue pengen banget buru-buru jadi orang dewasa. Pengen cepet-cepet ngerasain SMA, pengen cepet kuliah, pengen cepet kerja, excited banget buat jadi orang dewasa. Dan sekarang, gue malah kangen masa-masa itu.

Banyak banget pengalaman gue yang seru pas gue masih kecil, mungkin pas SD sampe SMP kali ya. Mulai dari mancing di empang orang sampe dikejar-kejar pemiliknya, main bola di lapangan setiap sore abis pulang ngaji, sampe menyaksikan seorang adek temen gue ngajak mandi bareng abangnya. Oke, yang ketiga ini kayaknya perlu gue ceritain.

Jadi, pada saat itu kira-kira siang menuju sore, biasanya jam segitu adalah jam ideal buat mandi, terus berangkat ngaji ke masjid. Gue dan beberapa temen gue lagi ngobrol, abis main pokoknya (lupa main apa). Ada salah satu temen gue yang emang deket banget sama adeknya, sebut aja namanya Gerald. Di saat lagi asik ngobrol, tiba-tiba adeknya si Gerald ini dateng. Seperti biasa, kalau adeknya Gerald dateng, itu tandanya Gerald disuruh pulang sama orangtuanya.

Gue dan temen gue yang lain udah tau kedatangan adeknya itu akan menuntun Gerald pulang ke rumah, dan bener.

"Bang, pulang disuruh mama!" kata adeknya Gerald.
"Iya, bentar lagi," jawab Gerald singkat.
"Nanti mandi bareng lagi yuk bang?!" 

Kita semua diem, Gerald juga diem. Dia cuma menunjukan gestur nyuruh adeknya pergi. 

"Lu kemarin mandi bareng adek lu, rald?" temen gue iseng nanya.
"Iya, dia nya ngajakin,"
"Ooohhh"

Karena kita masih kecil pada saat itu, jadi nggak ada pikiran apa-apa. Mandi bareng kakak atau adek adalah hal yang wajar pada usia segitu. Eh wajar nggak sih?!! 

Tapi gue sempet sedih karena beberapa bulan kemudian Gerald pindah rumah. Padahal sebelumnya dia juga anak pindahan entah dari mana. Semoga dia nggak baca ini.

***


Main bola di sore hari itu jadi kewajiban banget setiap harinya, terlebih di komplek gue. Kalo nggak maghrib, nggak udahan. Kadang juga gue bolos ngaji beberapa kali supaya bisa main lebih awal. Mainnya nyeker, pake bola plastik, gawangnya pake sendal. By the way tangan gue sempet keseleo dan vakum main bola selama hampir 2 bulan karena trauma. Tapi abis itu main lagi. 

Beda sama dulu, kalau sekarang anak-anak komplek gue lebih memilih mabar mobile legends di hp yang dia beli dari duit hasil sunat. Sedih sih kadang ngeliatnya. Walau kadang ada juga anak-anak yang anti gadget. Itupun karena dia belom sunat.

Emang bener kata orang, semakin kita dewasa, temen kita semakin dikit.

SD, SMP oke lah temen masih banyak, tapi semenjak lulus, komunikasi udah mulai berkurang. Tahun pertama masih suka kontak-kontakan atau ngadain bukber. Tahun kedua udah mulai sibuk dengan dunia barunya di SMA. Tahun ketiga, udah mulai hilang satu persatu.

Begitupun setelah lulus SMA. Sibuk menyiapkan diri buat perguruan tinggi terbaik. Ikut kegiatan sana-sini sampe lupa kalo hidup nggak melulu soal kerja. Makin susah ada waktu buat kumpul lagi.

Pada akhirnya ya temen kita adalah diri kita sendiri.

Gue rindu masa kecil, di mana yang kita pikirin itu cuma satu: "Kita mau main apa hari ini?" Main bola kah? main polisi maling kah? main benteng? main sepeda? atau apapun.

Di mana yang kita pikirin cuma main dan main, jajan, dan gimana caranya menolak tidur siang.

Ternyata jadi orang dewasa itu ribet, mesti mikirin gimana caranya dapet nilai bagus di kelas, gimana caranya dapet kampus yang bagus, kerjaan yang enak, gimana caranya nyari uang, dan gimana-gimana yang lainnya. Kangen jadi anak kecil lagi.

5 comments:

  1. Merindukan masa kecil sebenarnya merupakan sesuatu hal yang wajar. Apalagi sekarang di medsos banyak banget tuh meme2 yang ngingetin kita pada masa kecil.

    Bisa jadi, kerinduan kita pada masa kecil juga dipengaruhi oleh kondisi kita sekarang yang kurang menyenangkan. Kenyataan bahwa menjadi dewasa ternyata kurang menyenangkan.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha terkadang kita ada di posisi yang udah 'cukup', tapi tetep aja kangen masa kecil. Bukan perkara menyenangkan / nggak nya jadi dewasa, tapi terlalu banyak kenangan manis di masa kecilnya itu lho :D

      Delete
  2. rindu main di sawah ambil belut , rindu manjat pohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, rindu juga gatel kena alang-alang xD

      Delete